RefreshAboutFriendsStuffInstagram

Sabtu, 04 Juli 2020

Belajar di Rumah bersama Ruangguru

Hai! Namaku Ratih Kusuma Dewi. Panggil aku Ratih. Terakhir kali aku menulis blog sekitar kelas 6. Sekarang aku duduk di kelas  11. Bagaimana pengalaman kalian selama di rumah aja? Komentar di bawah, ya.

Teman-teman pembaca blogku dari dulu pasti tahu, apa cita-citaku. Yup! Menjadi seorang penulis dan guru. Kelamaan gak menulis blog, jadi bingung untuk merangkai kata-kata, huhu. Sejak SMP, aku jadi lupa ngurus blog ini. Di kesempatan ini, aku mau berbagi pengalamanku membangkitkan mimpi selama #dirumahaja, nih. Dibaca sampai akhir, ya! Sssstttt... Di akhir ada kejutan untuk kalian lho...

Sejak bulan Maret, aku sebagai seorang siswi harus belajar di rumah. Terlalu lama di rumah, membuat aku kehilangan semangat belajar. Namun aku teringat, bagaimana bisa meraih mimpi yang tinggi, kalau malas-malasan dan gak ada motivasi belajar? Aku sangat tertampar. Saat itu juga aku tidak langsung semangat belajar. Aku masih bersantai-santai.

Pernah suatu ketika aku membuka twitter, bahwa teman-temanku sudah berprogress jauh, “Wah, keren banget mereka. Selama di rumah mereka rajin belajar,” gumamku. Setelah melihat progress mereka yang jauh, aku langsung insecure. Dari situ aku berpikir, bahwa sainganku untuk masuk Universitas nanti tidak ratusan atau ribuan, tetapi puluhan ribu orang bersaing memperebutkan Universitas pilihan mereka. Ternyata untuk meraih mimpi tidak mudah, ya. Butuh usaha yang ekstra untuk meraihnya.

Kebetulan aku punya aplikasi Ruangguru, aplikasi pembelajaran No. 1 di Indonesia, yang bisa membantu kita untuk meraih mimpi setinggi langit. Aku berlangganan Ruangbelajar, nih. Biasanya, aku ngambis dari situ, guys. Sebuah aplikasi pembelajaran kekinian yang melalui video dan animasi interaktif dengan Master Teacher yang kece. Melalui aplikasi itu, aku menjadi mudah mengakses video-video pembelajaran yang lengkap dan sesuai dengan kurikulum sekolah. Di Ruangguru tersedia ribuan latihan soal yang bisa mengasah kemampuan belajar kalian.

Tampilan Ruangguru yang berwarna biru

Tampilan Ruangguru juga enak dipandang. Yang paling aku suka dari Ruangguru adalah kita bisa belajar dimana dan kapan saja! Tengah malem? Bisa! Pas lagi liburan? Juga bisa! Selain itu, ada Ruangguru juga ada banksoal. Ini cocok banget buat latihan PTS dan PAT.

Bagaimana cara aku belajar di Ruangbelajar?
  • Menonton materi yang diberikan oleh Master Teacher. Tahap pertama ini kalian harus benar-benar fokus. Anggap kalian sedang ada di Sekolah.
  • Menjawab latihan soal. Setelah fokus menonton materi, kalian jawab latihan yang diberikan. Nah, bagian ini mengasah kemampuan daya ingat kalian. Menurutku, dibagian ini kalian boleh buka buku.
  • Membaca rangkuman
  • Menonton ulang materi sambil mencatat. Ini efektif banget bagi aku. Sehingga aku mudah untuk menyerap materi yang diberikan.
Contoh catatan yang aku buat. (Materi Debat Kelas 10)
  • Latihan topik. Latihan topik ini sifatnya seperti ulangan harian. Aku sarankan kalian tidak boleh membuka buku sama sekali.
  • Mengerjakan Banksoal. Tentu saja gunanya banksoal ini melatih kemampuan kita dan bisa di print  juga, lho.
Kalau masih ada materi atau soal yang kurang jelas gimana?
Ada fitur Tanya-Jawab, guys. Tapi, aku saranin Ruangbelajar Plus. Nanti kalian akan diundang ke workplace. Di Ruangbelajar Plus, sering ada live streaming dan nanti akan ada modul yang berbentuk e-book. Selain itu, disana banyak club-club sesuai minat dan bakat kalian.  Disana kalau tanya PR, dijelasin secara detail. Pokoknya sampai kita jelas. Guru-gurunya juga baik dan sabar banget, guys.
Fitur tanya jawab Ruangguru
Aku pengen punya teman-teman di Ruangguru, nih.
Kalian bisa ikut RG Squad, bisa nambah pengalaman dan kawan baru dari berbagai daerah. Kebetulan aku ikut RG Squad BANTEN 1A, nih. Ada yang samaan seperti aku?
Selama aku menggunakan aplikasi Ruangguru, nilaiku menjadi naik dan mudah untuk memahami materi yang diberikan.
Aku masih ragu, kak. Harganya mahal.
Siapa bilang? Ruangguru harganya sangat terjangkau, lho! Mulai dari Rp1.000-an perharinya! Lebih murah dari uang jajan kalian bukan?

Nah, ini kejutan yang aku bilang di awal. Buat kalian yang ingin berlangganan Ruangguru sama seperti aku, kalian bisa gunakan kode punyaku BELAJARYUK untuk mendapatkan diskon sebesar 60%.

#HidupkanMimpimu #BimbelRuangguru #Ruangguru #BelajardiRumah #ReviewRuangguru

8 komentar:

  1. wah Ratih semangat ya belajarnya^^

    BalasHapus
  2. yang semangatnya ya belajarnya!! fighting! kalau bisa aku tanya, Ratih umurnya berapa ya dek? btw, aku dari malaysia. ya..bisa ngomong indo dikit hehe maaf ya kalau aneh,, aku cubaa :)

    BalasHapus
  3. aku juga awalnya mau belajar di ruangguru, tp berbayar gajadi :'3
    semangat ya kak!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake kode BELAJARYUK, bisa diskon 60% hihi

      Hapus
  4. Baru-baru ini aku langganan ruangguru. Fiturnya emang bagus + video animasinya menarik banget. Btw mau saling follow akun Ruang Guru?

    BalasHapus
  5. yaampun nggak kerasa ya, ternyata ratih udah kelas 11 dulu kenal kayaknya ratih masih SD deh:') salam dari aku yang tahun ini mau masuk kuliah tahun pertama hahah, time flies so fast~

    BalasHapus

Kritik dan saran silahkan komentar dibawah.