RefreshAboutFriendsStuffInstagram

Selasa, 24 Mei 2016

Tiga Planet Mirip Bumi


Para astronom dari National Aeronautics and Space Administration (NASA) menemukan tiga planet yang mirip Bumi, lho. Ketiga planet ini berjarak 40 tahun cahaya, tepatnya di konstelasi Akuarius. Penemuan ini dilakukan dengan Transiting Planets and Planetesimals Small Telescope (TRAPPIST) yang berlokasi di La Silla, Cile. Tapi apakah ketiganya adalah planet yang layak huni?

Ketiga eksoplanet (planet luar Tata Surya) ini mengorbit pada sebuah bintang kerdil. Bintang ini diberi nama TRAPPIST-1. Menurut penelitian yang dipimpin oleh Michael Gillon, di sekitar bintang inilah satu-satunya tempat yang mungkin ditemukan kehidupan. Ketiganya mempunyai ukuran yang sama dengan Bumi dan termasuk layak huni.
TRAPPIST-1 bersuhu separuh dari Matahari. Massanya pun 10 kali lebih kecil dari bintang yang menjadi pusat Tata Surya tersebut. TRAPPIST-1 dikategorikan sebagai bintang yang sangat dingin. Oleh karena itu, ketiga planet ini termasuk layak huni. Tapi, para astronom masih harus meneliti lebih banyak hal lagi tentang ketiga planet ini. Apakah ada yang bisa menggantikan Bumi? (Foto: eso)

Sumber : Kiddo


Terima Kasih Sudah Membaca, Jangan Lupa Tinggalkan Komentar ya^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran silahkan komentar dibawah.