RefreshAboutFriendsStuffInstagram

Selasa, 10 Mei 2016

Kebiasaaan Bikin Gigi Rusak


Meskipun rajin menyikat gigi, nggak menjamin gigi kita sehat 100%. Soalnya, ada beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari bisa bikin gigi rusak. Ini beberapa contohnya. 

Menyikat horizontal
Mulai sekarang, stop kebiasaan menggosok gigi secara horizontal alias dari kanan ke kiri. Gesekan horizontal sikat gigi bisa bikin lapisan email gigi kita terkikis. Akibatnya, gigi menjadi rapuh dan mudah terserang infeksi. Lebih baik, ikuti cara menyikat yang dianjurkan dokter, yaitu ke atas dan ke bawah (vertikal).
 
Menggigit kuku
Kebiasaan menggigit kuku bisa membuat akar gigi mengalami perubahan bentuk. Akhirnya, menyebabkan radang gusi. Ketika menggigit kuku, kita juga memberi kesempatan kepada bakteri dan kuman buat masuk ke rongga mulut. Akibatnya, gusi kita rentan infeksi.
 
Mengunyah es batu
Kebiasaan mengunyah es batu ketika minum minuman dingin bisa merusak lapisan luar gigi—bahkan bikin gigi patah! Suhu es yang rendah juga bisa menyiksa gigi sensitif.
 
Bernapas dengan mulut
Dalam kondisi ngos-ngosan karena kelelahan, biasanya kita akan refleks bernapas menggunakan mulut. Memang sih, rasanya lebih lega dibanding bernapas dengan hidung. Tapi jika terlalu sering kita lakukan, air liur di rongga mulut bisa berkurang. Padahal, fungsinya untuk menjaga lapisan gigi supaya nggak gampang busuk.   Foto: www.pixabay.com. Sumber: http://kiddo.megindo.co.id/



Terima Kasih Sudah Membaca, Jangan Lupa Tinggalkan Komentar ya^^

5 komentar:

  1. Wah,aku sering sikat gigi horizontal xD
    Tapi makasih atas infonya, ya, Ratih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak^^ Aku juga baru tahu lho kak

      Hapus
  2. gawat aku suka gigitin es batu ;-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh.. Harus dikurangi itu :p aku saja gak berani gigitin es batu

      Hapus
  3. aku suka banget gigit es batu.. seger.. tapi ternyata bahaya,ya?

    BalasHapus

Kritik dan saran silahkan komentar dibawah.